Share

Share |
"Selamat Datang di http://purwanti-radiologisinjai.blogspot.com, di webside ini kami akan memberikan berita terkini seputar kesehatan, pengetahuan dan teknologi "

Kamis, 16 Desember 2010

Sinjai Terima Dana Kesehatan Gratis Pemprov


SINJAI -- Perang dingin antara Bupati Sinjai A Rudiyanto Asapa dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo terkait penggunaan dana kesehatan gratis yang digelontorkan Pemprov Sulsel tampaknya bakal segera berakhir. Kedua belah pihak sepakat agar dana kesehatan gratis Sinjai yang masih tersimpan sekira Rp12 miliar akan digunakan tahun 2011.

Kepala Bagian Humas Pemkab Sinjai Irwan mengatakan, penolakan dana kesehatan gratis dari pemprov selama beberapa tahun terakhir yang dilakukan Pemkab Sinjai cukup beralasan. Salah satunya, yakni dikhawatirkan akan mengganggu penganggaran dana kesehatan gratis di daerah tersebut.

Pasalnya, program kesehatan gratis lebih dulu dicanangkan Pemkab Sinjai, yakni 2004. Sebaliknya, program kesehatan gratis yang dicanangkan Pemprov Sulsel baru dilakukan saat gubernur baru terpilih pada tahun 2007. Dikhawatirkan akan terjadi tumpang tindih anggaran kesehatan gratis.

Juga, dikhawatirkan akan merusak sistem pelayanan kesehatan gratis di Sinjai yang telah berjalan dengan baik. Karena itu, beberapa waktu lalu, kedua belah pihak, baik gubernur maupun bupati telah menemui kata sepakat untuk pengalokasian anggaran kesehatan gratis yang belum terpakai.

Poin kesepakatan yang dimaksud, adalah alokasi anggaran akan digunakan untuk membiayai pasien peserta jamkesda asal Sinjai yang dirujuk ke rumah sakit di Makassar. Kasarnya, yakni, pasien yang tidak dapat ditangani di RSUD Sinjai. Mereka akan dibebaskan dari biaya (gratis).

"Seluruh biaya pasien peserta jamkesda yang dirujuk ke Makassar karena tidak dapat ditangani di RSUD Sinjai akan diambil dari dana yang belum diterima tersebut. Ini merupakan jalan tengah yang diambil antara bupati dan gubernur," tandasnya. (abg)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More