Share

Share |
"Selamat Datang di http://purwanti-radiologisinjai.blogspot.com, di webside ini kami akan memberikan berita terkini seputar kesehatan, pengetahuan dan teknologi "

Selasa, 07 Juni 2011

Semenanjung Muria Tetap Dipertahankan


Bandung, CyberNews. Semenanjung Muria, Jepara tetap masuk dalam daftar calon tapak yang disiapkan sebagai lokasi pembangunan PLTN di Indonesia. Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Dr Hudi Hastowo  di Gedung Pakuan Bandung, Senin (30/5).
Menurut dia, langkah tersebut dilakukan dalam bagian antisipasi kebutuhan energi melalui pembangunan banyak PLTN di masa mendatang. Selama ini, warga setempat menolak penetapan Muria dalam kaitan tersebut. Hudi berharap sikap itu dapat berubah di kemudian hari.
"Muria belum dicoret, kita masih membuka opsi suatu ketika kita butuh PLTN banyak, dan juga suatu ketika nanti kawan-kawan di sana sadar bahwa PLTN itu suatu opsi "menguntungkan"," ujarnya.
Dalam kaitan itu pula, BATAN bakal memulai studi atas tapak PLTN di Bangka Belitung pada 2011. Lokasi di sana dinilai memenuhi syarat pembangunan PLTN dari sisi stabilitas lahan, struktur geologi, tak jauh dari pengguna listrik terbesar di Jawa dan Sumatera, dan tingkat penerimaan masyarakat yang relatif bagus.
Selain itu, studi atas calon tapak PLTN lainnya juga masih berjalan yakni di Tanjung Bontang dan Pulau Panjang, Banten. Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), As Natio Lasman menyatakan pihaknya sejauh ini belum menerima aplikasi perizinan tapak PLTN di Indonesia.
Bapeten bertugas melakukan pemeriksaan atas pengajuan tersebut. Pemeriksaan itu dilengkapi kewenangan menentukan pemakaian penggunaan calon tapak sebagai pembangkit. "Kami bisa mengiyakan dan menidak-kan  suatu lokasi tapak, tapi BATAN kan masih studi. Kalau positif baru diajukan, tapi sejuh ini belum ada pengajuan aplikasinya termasuk Muria," katanya.
Atas kondisi termutakhir saat ini, Hudi Hastowo mengakui bahwa target operasional PLTN dalam rentang 2016-2019 sesuai UU Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dipastikan tidak akan tercapai. "Adanya kejadian di PLTN Fukushima, semua orang juga mengatakan PLTN tidak aman," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More