Share

Share |
"Selamat Datang di http://purwanti-radiologisinjai.blogspot.com, di webside ini kami akan memberikan berita terkini seputar kesehatan, pengetahuan dan teknologi "

Senin, 18 April 2011

RS Pirngadi mulai jalankan Jaminan Persalinan (Jampersal)


MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan mulai menjalankan program jaminan persalinan (Jampersal) gratis. Direktur Utama RSUD dr Pirngadi Medan, Dewi Fauziah Syahnan mengatakan, dijalankannya program Jampersal tersebut sesuai peraturan Menteri Kesehatan.

"Jadi kita siap melayani warga yang menjalani persalinan di rumah sakit ini,” katanya sore ini.

Dia menuturkan, untuk sistem pengklaiman dengan memakai sistem INA-CBG (Indonesia Cash Back Group) atau dengan sistem paket pembiayaan kesehatan. Namun bagi mereka yang menjalani persalinan ini harus ada rujukan dari Puskesmas, kecuali sifatnya emergency seperti kematian janin dalam kandungan.

Dewi menjelaskan, sebagai tindaklanjut dijalankannya program Jampersal tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi di bagian persalinan rumah sakit itu.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat yang ikut dalam Jampersal untuk membawa KTP/KK ketika akan bersalin. KarenaKK atau KTP itu untuk memudahkan pendataan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan, saat ini untuk sementara baru Puskesmas dan rumah sakit pemerintah yang dapat menjalankan program Jampersal tersebut. Hal ini dikarenakan belum adanya penjelasan yang rinci untuk menjadi acuan dalam pelaksanaannya.

"Jangan nanti peraturannya menjadi multi tafsir. Sementara pelaksanaannya baru di rumah sakit pemerintah dan puskesmas saja,” ucapnya. Edwin menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengeluarkan edaran untuk seluruh RS provider, termasuk klinik untuk merealisasikan Jampersal, sambil menunggu kepastian arahan kebijakan Kementerian Kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More